Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

 


MANFAAT KOPI BAGI KESEHATAN TUBUH


Salah satu minuman favorit dan popular di Indonesia adalah kopi. Cita rasa dan aromanya yang diyakini dapat menenangkan membuat kopi memiliki banyak penggemar. Kopi tidak hanya enak tapi juga memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi kopi memiliki resiko yang jauh lebih rendah mengalami beberapa penyakit serius daripada yang tidak minum kopi.


Kafein merupakan kandungan kopi yang paling popular. Namun kopi juga memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Dalam secangkir kopi dapat mengandung:

  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Mangan
  • Kalium
  • Magnesium

Terdapat beberapa potensial manfaat dari mengkonsumsi kopi, seperti untuk mencegah terjadinya beberapa penyakit.

Meningkatkan Energi dan Daya Tangkap
Kopi dapat membantu meningkatkan energi ketika tubuh merasa lelah karena mengandung stimulant. Kafein merupakan stimulan yang terkandung dalam kopi dan merupakan zat psikoaktif paling sering dikonsumsi didunia. Kafein dalam kopi akan masuk dalam aliran darah menuju ke otak. Banyak penelitian pada manusia yang menemukan bahwa kopi dapat meningkatkan beberapa aspek fungsi otak seperti daya ingat, emosi, energi, daya tangkap dan fungsi mental secara umum.

Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan yang mempengaruhi jutaan orang diseluruh dunia. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang minum kopi mengalami penurunan resiko 23-50% terkena diabetes. Kandungan mineral pada kopi membantu kerja hormone insulin untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Meningkatkan Kinerja Fisik
Kafein merangsang system saraf untuk dapat meningkatkan aktifitas fisik. Menurut penelitian, kafein dapat meningkatkan kinerja fisik sebesar 11-12%.

Menurunkan Resiko Terjadinya Alzheimer dan Demensia
Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang umum terjadi pada lansia dan menjadi penyebab utama demensia. Beberapa penelitian menunjukan bahwa seseorang yang minum kopi mengalami penurunan resiko Alzheimer hingga 65%.

Menjaga Kesehatan Liver
Liver merupakan organ yang memiliki banyak fungsi penting. Beberapa penyakit umum mempengaruhi kesehatan liver seperti hepatitis. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang minum kopi 4 cangkir sehari dapat menurunkan resiko gangguan liver sebesar 80%.

Menurunkan Tingkat Stress
Depresi merupakan gangguan mental serius yang dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang minum kopi 4 cangkir sehari dapat menurunkan resiko depresi sebesar 53%.


Benarkah Kopi Menyebabkan Penyakit Jantung?
Banyak informasi yang menyatakan bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini dapat terjadi jika seseorang mengkonsumsi kopi secara rutin. Namun, penelitian belum menyebutkan bahwa kopi tapi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membedakan Kopi Americano, Long Black dan Kopi Tubruk